468x60 Ads


Membangun Pensiun Melalui Bisnis Saham

Saham adalah satuan nilai atau pembukuan dalam berbagai instrumen finansial yang mengacu pada bagian kepemilikan sebuah perusahaan. 

Melalui Instrumen saham inilah kita bisa membangun dana Pensiun semenjak dini. Meskipun anda bukanlah seorang pegawai negeri atau karyawan perusahaan besar, namun anda juga bisa membangunnya sendiri.

Secara teori harga saham akan terus naik dari waktu kewaktu, meskipun terkadang memang ada penurunan harga saham yang cukup signifikan misalnya pada tahun 2008, dimana IHSG mengalami penurunan 50% lebih. Namun itulah saham yang memang memiliki fluktuasi yang cukup tajam. 

Beberapa yang bisa anda lakukan untuk Membangun Dana Pensiun Melalui Bisnis Saham sebagai persiapan dana hari tua atau pensiun adalah sebagai berikut :
  1. Pastikan anda percaya bahwa Negara ini akan tetap eksis dan akan mengalami kemajuan dari waktu ke waktu. Karena saham memiliki kaitan erat terhadap kondisi perekonomian suatu negara.
  2. Tentukan anggaran anda setiap tahunnya, seperti layaknya anda menyiapkan anggaran untuk membeli asuransi, jika anda menganggap bahwa penyiapan dana ketika anda pensiun atau hari tua adalah penting, maka anda pasti akan menganggarkan dengan serius. Namun anda harus bijak dalam menentukan anggaran agar tidak terlalu mengganggu kebutuhan keuangan pokok keluarga atau usaha anda.
  3. Pilihlah Perusahaan Sekuritas, yaitu perusahaan yang akan menghubungkan anda dengan bursa efek indonesia, saat ini di Indonesia sudah ada 148 Perusahaan sekuritas yang siap membantu anda untuk membeli saham.
  4. Mintalah pendapat dan bantuan tim ahli perusahaan sekuritas yang anda pilih untuk membantu memilihkan saham Perusahaan berkualitas dan memiliki harga yang relatif murah.
  5. Lakukan pembelian dengan berani dan tanpa keraguan, dan biarkan dalam jangka panjang.
  6. Lakukan hal itu setiap tahun satu kali atau 6 bulan sekali dengan saham yang berbeda, hal itu dilakukan untuk melakukan diversifikasi, dengan harapan agar ketika salah satu saham yang kita beli mengalami penurunan harga, saham yang lain bisa mencovernya.
  7. Karena anda melakukan transaksi saham dengan tujuan jangka panjang, maka jangan terlalu gampang untuk menjualnya kembali, karena itu akan merusak rencana anda, kecuali ada pertimbangan yang sangat penting. Namun jika itu terjadi maka anda harus membelikan semua uang hasil penjualan saham anda ketika untung untuk membeli saham lain, karena jika tidak rencana jangka panjang anda akan berantakan.
Berikut diatas adalah beberapa langkah sederhana untuk membangun pensiun melalui instrumen saham. Beberapa langkah diatas menggambarkan bahwa anda mengelola dana melalui jual beli langsung pada instrumen saham, namun jika anda ingin yang lebih pasif maka sebaiknya anda memilih reksadana.

Demikian informasi kami tentang Membangun Pensiun Melalui Bisnis Saham yang kami sajikan, dan jika anda memerlukan bantuan, jangan segan untuk menghubungi kami.

Terimakasih.
Professortrader Team.


0 komentar:

Posting Komentar